Tutorial Argajogja

Pengenalan SANSPRO dan Download Gratis Tutorial SANSPRO

Pengenalan Sans PRO dan Download Gratis Tutorial Sans Pro
Dewasa ini sudah sangat banyak bertebaran program-program komputer rekayasa teknik yang bisa dijumpai di internet maupun offline, baik yang diberikan secara gratis maupun dengan sewa lisensi yang sangat mahal, baik yang berukuran kecil dan kompatibel sampai yang kompleks dengan fasilitas yang canggih.

Setiap software memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing karena pada dasarnya sebuah software akan dibangun berdasarkan pada tujuan tertentu yaitu untuk menyelesaikan permasalahan yang khusus misalnya ada software yang khusus dan baik digunakan untuk keperluan penelitian dan ada juga yang praktis untuk aplikasi di proyek. Sepengetahuan saya, masih jarang dijumpai software yang multipurpose dengan sama praktisnya.

SANSPRO merupakan salah satu karya dari anak bangsa yang cukup membanggakan ditengah maraknya software Structural Analysis luar negeri yang semakin canggih dan beragam. Barangkali bisa menjadi salah satu alternatif pilihan bagi kalangan Engineer di Indonesia yang kebanyakan masih sulit menjangkau lisensi penggunaan Sofware luar yang harganya masih sangat tinggi.

Pada tahun 1997 SANS versi Windows (SANSPRO) yang merupakan pengembangan dari SANS/89 yang ditulis oleh Nathan Madutujuh pada tahun 1988 dipublish ke masyarakat dan kini sudah banyak digunakan oleh kalangan insinyur baik di dalam maupun luar negeri.

SANS/89 dan SANSPRO merupakan hak cipta milik Engineering Software Research Center (ESRC) dan didistribusikan oleh PT. Anugrah Multi Cipta Karya, Indonesia. Saat ini pengembangannya sudah sampai pada Versi 4.8.

Pengembangnya mengklaim bahwa SANSPRO memiliki keunikan dibanding dengan Software yang sejenis yaitu dapat berjalan pada semua sistem komputer, berukuran sangat kompak dan mampu menghitung struktur bangunan sipil seperti balok, rangka, portal, shearwall, flat slab, shells, tower,bridges dan lain-lain dengan cepat berkat sistem management memori virtualnya.

Seperti kebanyakan Structural Analysis Software sejenis dari luar negeri yang sudah sangat populer semacam SAP2000, ETABS, STAAD, dan lain-lain, SANSPRO juga berbasis finite element yang merupakan suatu metode numerik (pendekatan) sehingga ketelitiannya sangat tergantung dari jumlah elemen yang digunakan untuk itu diperlukan meshing yang cukup dalam pemodelannya, tetapi hal tersebut bukanlah suatu masalah dengan kemajun teknologi komputer saat ini.

Yang cukup menarik bagi kalangan Structural Engineer “praktisi” adalah SANSPRO berorientasi pada modelling, analysis, design, volume and cost calculation dan drawing generator, sebuah integrasi yang lengkap antara CAD(Computer Aided Design), analysis program, database, spreadsheet dan word processing untuk kebutuhan suatu proyek.

Dengan fasilitas grafis 3D yang kini dimiliki, SANSPRO bisa dijadikan alat bantu dalam analisa dan design struktur secara lengkap sampai dihasilkan gambar struktur, bahkan estimasi biaya komponen struktur suatu project sehingga bisa dikatakan bahwa software ini adalah software yang aplikatif. Tampilan interface dari SANSPRO cukup menarik dan memudahkan dalam pemodelan dan eksekusinya, dengan layout Oriented Modelling concept , masing-masing elemen struktur seperti balok, kolom dan pelat bisa diatur dalam setting layout yang berbeda-beda (untuk masing2 tingkat/lantai bangunan).

Untuk keperluan design, pada Versi 4.8 sudah tersedia fasilitas concrete design, steel design, spread footing dan pile/bored pile dan steel connection design dan sudah mengacu pada peraturan yang umum digunakan seperti ACI, IBC, AISC -LRFD maupun ASD dan peraturan Beton dan Gempa Indonesia Tahun 2003. Masih banyak lagi fasilitas yang sepertinya menantang untuk di eksplorasi sampai fasilitas pembuatan gambar detail dan perhitungan volume beserta biayanya.

Tapi sekali lagi semuanya adalah alat bantu yang bisa kita gunakan untuk mempermudah pekerjaan kita, dan bebas kita pilih sesuai dengan kepentingan masing-masing.

Selamat mencoba!

Jika Ingin Download Tutorial Sans Pro Silahkan Klik Disini

Sumber : wwww.yanartana.com dan www.nathanmadutujuh.googlepages.com
Previous
Next Post »

2 Komentar

Click here for Komentar
Unknown
admin
11:01 PM ×

@bos arga

sy masih tahap belajar dg si Sanspro ini, menopo wonten buku/tutorial yg lebih spesifik dalam mendesain bangunan gedung (beton/baja)..?

maturnuwun.

best regards'

Pak Iksan

Reply
avatar