Skip to main content

Tutorial Langkah Awal Menjalankan Program Archicad 9

Program Archicad adalah program yang banyak di gunakan oleh wong sipil karo arsitek khususnya untuk membuat rumah 3 dimensi lengkap dengan objek-objek pendukungnya, karena disana disediakan fasilitas-fasilitas objek rumah seperti pintu, jendela, pohon, kendaraan, tangga dan lain-lain dengan berbagai jenis pilihan. selain itu program archicad juga bisa di gunakan untuk menghitung volume RAB dengan mengitung melalui masing-masing element bangunan.

Sebagai awal dari tutorial Archicad di blog ini maka pada kesempatan ini, tak ajarkan kepada koe-koe semua, langkah awal dalam menjalankan program archicad, ikuti tutorial berikut ini :

1. Menentukan Satuan yang di gunakan

a. caranya pilih menu Option - Preference - Working Unit dan Level

tutorial_archicad


b. Akan tampil tampilan seperti dibawah ini, Ubah satuannya pada lingkaran warna merah gambar dibawah ini

tutorial_archicad


c. OK


2. Mengatur jarak antar Grid

tutorial_archicad


a. Caranya, pilih menu Option - Grid and Background

tutorial_archicad


b. Diambil contoh, kita mengatur jarak antar grid adalah 50 cm arah x dan 50 cm arah y,
maka isikan pada lingkaran yang berwarna merah angkan 50, (lihat gambar ning ngisor)

tutorial-archicad
c. OK

Selesai deh, tunggu tutorial Archicad berikutnya di bl0g ini, terus sinau sek sregep yo le... ben dadi dokter bangunan, he3x..

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengimport Gambar JPG ke Dalam Sketchup

Bagi Anda yang ingin tahu Cara Mengimport Gambar JPG ke Dalam Sketchup berikut videonya..

Merubah Tampilan AutoCAD 2007 ke Tampilan Classic

Ok, langsung wae, ndak selak buka puasa, bar kui kan sholat tarawih, btw koe puasa ndak? maklum hawa-hawane lagi kemrungsung, he3x.. saiki aku akan menjelaskan kepada anda-anda kabeh cara merubah tampilan AutoCAD2007 ke tampilan classic (lihat gambar diatas)dan tutorial ini bisa juga digunakan pada Autocad versi 2007 keatas, perhatikan dengan seksama, sek wis ngerti menengo wae, sek belum ngerti diperhatikan, ojo rame wae.. monggo.. 1. Buka program AutoCAD 2007, akan tampil seperti gambar dibawah ini. 2. Aktifkan toolbar view dan visual style, caranya, klik kanan disembarang toolbar, lalu aktifkan tollbar tersebut 3. klik pada tollbar view pilih top, lalu klik 2d wireframe pada toolbar visual style, lalu klik pada tombol grid (atau tekan F7 pada keyboard), lebih jelas lihat gambar dibawah.. 4. jika benar akan tampil seperti gambar dibawah ibni 5. selesai

Cara Membuat Profile Beton Pada Program ETABS

Langsung aja simak videonya Cara Membuat Profile Beton Pada Program ETABS Cara Membuat Profile Beton Pada Program ETABS